Perbedaan Depresi Pria dan Wanita

Perbedaan Depresi Pria dan Wanita

Pria dan wanita memang sudah pasti banyak perbedaannya. Tidak hanya secara fisik dan mental saja, tetapi dalam segala hal seperti menanggapi sebuah masalah pun tetap saja berbeda walaupun kejadian dan posisinya disamakan. Penilaian pemikiran keduanya tidak bisa disamakan dengan mudah. Sehingga untuk mengatasi sebuah masalah pun mereka memiliki perbedaan yang cukup ketara. Depresi yang dirasakan pria dan wanita tidaklah sama walaupun masalah yang dihadapi sama. Keduanya memiliki cara masing-masing untuk menyelesaikannya.

Perbedaan Depresi Pria dan Wanita

Inilah beberapa perbedaan depresi pria dan wanita yang harus anda ketahui :

Wanita akan merenungkannya

Disetiap permasalahan yang dialami, wanita akan lebih merenungkannya saat ia merasakan masalah ini membuatnya tertekan. Sehingga ini akan membuat wanita lebih memilih menyalahkan diri sendiri, menangis atau melakukan hal lain yang buruk ke diri sendiri. Tidak seperti pria, disaat merasa tertekan pria akan mengalihkan dengan berbagai cara untuk mengurangi rasa sedih dan depresi yang ia alami.

Alkohol dan zat lainnya

Disaat depresi menimpa keduanya pria dan wanita pemikiran mereka berbeda. Pria biasanya akan lebih memilih minum-minuman keras seperti alkohol dengan konsumsi yang banyak agar melupakan kesedihannya. Dan wanita lebih cenderung menggunakan zat-zat berbahaya lain saat depresi menimpanya.

Respon Yang Berbeda

Respon pria dan wanita tentu berbeda saat adanya sebuah masalah. Keduanya sama-sama peduli seperti manusia pada umumnya yang tidak luput dari sebuah masalah dalam hidup. Namun wanita saat merasakan depresi itu, mereka akan berlarut-larut dengan waktu yang lebih lama dibandingkan pria. Pria tidak memerlukan waktu lama untuk bersedih, bukan berarti mereka tidak peduli atau tidak memiliki rasa empati, hanya saja cara mereka berbeda dengan wanita.

Bunuh diri

Karena depresi pria banyak yang tidak diungkapkan seperti wanita atau bisa dibilang kebanyakan dipendam dan sedih berlarut-larut dalam hati. Cepat atau lambat akan terjadi masalah dalam kesehatan mental para pria yang depresi tersebut. Dan mereka bisa saja mencoba bunuh diri sebagai pilihan terakhir dari masalah yang mereka alami.

 

Articles About Men™